Selasa, 23 November 2010

Test Rouschach

Tes Rorschach (juga dikenal sebagai tes Rorschach atau hanya inkblot tes Inkblot) adalah tes psikologi di mana 'persepsi subyek inkblotsdicatat dan kemudian dianalisis menggunakan psikologis interpretasi, kompleks ilmiah berasal algoritma , atau keduanya. Beberapa psikolog menggunakan uji ini untuk memeriksa kepribadian seseorang karakteristik dan berfungsi emosional. Telah digunakan untuk mendeteksi yang mendasari gangguan berpikir , terutama dalam kasus-kasus di mana pasien enggan untuk menggambarkan proses pemikiran mereka secara terbuka.  Uji ini mengambil namanya dari penciptanya, psikolog Swiss Hermann Rorschach.
Dalam sebuah survei nasional di AS, Rorschach menempati peringkat kedelapan di antara tes psikologis digunakan di rawat jalan fasilitas kesehatan mental. Ini adalah yang paling banyak digunakan tes kedua oleh anggota Society for Personality Assessment, dan diminta oleh psikiater dalam 25% dari penilaian forensik kasus,  biasanya dalam suatu baterai tes yang sering termasuk MMPI-2 dan MCMI-III . [5] Dalam survei, penggunaan Rorschach berkisar dari yang terendah sebesar 20% oleh psikolog pemasyarakatan  sampai yang tertinggi 80% dengan psikolog klinis yang bergerak dalam bidang jasa penilaian, dan 80% psikologi program pascasarjana yang disurvei mengajarkannya.
Meskipun Exner Sistem Skoring (dikembangkan sejak 1960-an) mengklaim telah ditangani dan sering membantah banyak kritik dari sistem pengujian asli dengan tubuh yang luas dari penelitian,  beberapa peneliti telah mengangkat pertanyaan tentang objektivitas psikolog pengadministrasian tes; antar -penilai keandalan ; pemastian dan umumva liditas tes; bias di tes patologi skala terhadap jumlah lebih besar respon, jumlah sangat terbatas kondisi psikologis yang secara akurat diagnosa, ketidakmampuan untuk mereplikasi tes norma; penggunaannya di pengadilan memerintahkan evaluasi, dan proliferasi gambar inkblot sepuluh , berpotensi mengabaikan tes bagi mereka yang telah terkena kepada mereka. 

Sejarah
Hermann Rorschachmenciptakan inkblot Tes Rorschach tahun 1921. Penggunaan interpretasi "desain ambigu" untuk menilai kepribadian individu adalah suatu gagasan yang akan kembali ke Leonardo da Vinci dan Botticelli . Interpretasi inkblots merupakan pusat permainan dari akhir abad 19. Rorschach, bagaimanapun, adalah pendekatan yang sistematis pertama dari jenis ini.
Ia telah mengemukakan bahwa kita gunakan Rorschach dari inkblots mungkin telah terinspirasi oleh dokter Jerman Justinus Kerner yang, pada 1857, telah menerbitkan sebuah buku populer puisi, masing-masing yang diilhami oleh inkblot disengaja.  Psikolog Perancis Alfred Binet juga bereksperimen dengan inkblots sebagai uji kreativitas,  dan, setelah pergantian abad, percobaan psikologis di mana inkblots dipergunakan dikalikan, dengan tujuan seperti belajar imajinasi dan kesadaran.
 Setelah mempelajari 300 pasien mental dan 100 peserta kontrol, pada tahun 1921 Rorschach menulis bukunya Psychodiagnostik , yang membentuk dasar dari tes inkblot (setelah eksperimen dengan beberapa ratus inkblots, ia memilih sepuluh set untuk nilai diagnostik mereka),  tapi dia meninggal pada tahun berikutnya. Meskipun ia telah menjabat sebagai Wakil Presiden Society psikoanalitis Swiss, Rorschach mengalami kesulitan dalam penerbitan buku dan menarik perhatian ketika pertama kali muncul.
Pada tahun 1927, yang baru-didirikan Hans Huber penerbit membeli buku Rorschach Psychodiagnostik dari persediaan Ernst Bircher. Huber tetap penerbit tes dan terkait buku, dengan Rorschach merek dagang terdaftar dari penerbit Swiss Verlag Hans Huber, Hogrefe AG. Pekerjaan yang telah digambarkan sebagai "sepotong tertulis padat dikemas dalam kering, terminologi ilmiah".
Setelah kematian Rorschach, tes asli scoring system ditingkatkan oleh Samuel Beck, Bruno Klopfer dan lain-lain. John E. Exner diringkas beberapa perkembangan kemudian di sistem yang komprehensif, pada saat yang sama mencoba untuk membuat penilaian yang lebih ketat statistik . Beberapa sistem didasarkan pada konsep psikoanalisishubungan-hubungan objek . Sistem Exner masih sangat populer di Amerika Serikat , sementara di Eropa metode lain kadang-kadang mendominasi,  seperti yang dijelaskan dalam buku teks oleh Evald Bohm , yang lebih dekat dengan sistem Rorschach asli dan berakar lebih dalam di asli psikoanalisis prinsip.
Metode
Tester dan subjek biasanya duduk bersebelahan di meja, dengan tester sedikit di belakang subjek. Ini adalah untuk memfasilitasi "santai tapi dikendalikan suasana". Ada sepuluh inkblots resmi, masing-masing dicetak pada kartu putih yang terpisah, sekitar 18x24 cm. Setiap blots telah dekat sempurna simetri bilateral . Lima inkblots adalah tinta hitam, dua adalah dari dan merah tinta hitam dan tiga yang warna-warni, pada latar belakang putih.
Setelah subjek tes telah melihat dan menanggapi semua inkblots (tahap asosiasi bebas ), tester kemudian menyajikan kembali satu demi satu dalam urutan yang ditetapkan untuk mempelajari subjek: subjek diminta untuk dicatat di mana ia melihat apa yang awalnya ia melihat dan apa yang membuatnya tampak seperti itu fase penyelidikan. subjek biasanya diminta untuk memegang kartu dan dapat memutar mereka. Apakah kartu yang diputar, dan faktor-faktor lain yang terkait seperti apakah izin untuk memutar mereka diminta, dapat mengekspos ciri-ciri kepribadian dan biasanya memberikan kontribusi untuk penilaian. Sebagaimana subjek menguji inkblots, psikolog menuliskan semua subjek mengatakan atau tidak, tak peduli betapa sepele. Analisis respon dicatat oleh administrator percobaan menggunakan tabulasi dan lembar penilaian dan, jika diperlukan, diagram lokasi yang terpisah.
Tujuan umum dari tes ini adalah untuk menyediakan data tentang kognisi dan kepribadian variabel seperti motivasi , respon kecenderungan, operasi kognitif, efektivitas , dan personal / interpersonal persepsi . Asumsi yang mendasarinya adalah bahwa seseorang akan rangsangan eksternal spesifik kelas berdasarkan persepsi set-orang, dan termasuk kebutuhan , motif dasar , konflik , dan bahwa proses clustering merupakan perwakilan dari proses yang digunakan dalam situasi kehidupan nyata. Metode penafsiran berbeda. Rorschach sistem penilaian telah digambarkan sebagai suatu sistem pasak untuk menggantung's pengetahuan salah satu kepribadian. Yang banyak digunakan Metode yang paling di Amerika Serikat didasarkan pada karya Exner.
Administrasi tes untuk kelompok mata pelajaran, dengan cara gambar yang diproyeksikan, juga kadang-kadang dilakukan, tetapi terutama untuk penelitian bukan tujuan diagnostik.
Uji administrasi tidak menjadi bingung dengan interpretasi uji:
"Interpretasi rekor Rorschach adalah sebuah proses yang kompleks. Hal ini membutuhkan banyak pengetahuan tentang dinamika kepribadian umumnya cukup serta pengalaman dengan Rorschach metode khusus Proficiency sebagai administrator Rorschach dapat diperoleh dalam beberapa bulan. Namun, bahkan mereka yang mampu dan memenuhi syarat untuk menjadi juru bahasa Rorschach biasanya tetap berada dalam "taraf belajar" selama beberapa tahun ".

Sepuluh Inkbolts
Berikut adalah sepuluh inkblots tes Rorschach dicetak di Rorschach's Test Rorschach - Psychodiagnostic Pelat, sering bersama-sama dengan tanggapan yang paling baik untuk keseluruhan gambar atau rincian paling menonjol menurut berbagai penulis. Mereka telah di dalam domain publik di's asli Swiss Rorschach Hermann setidaknya sejak 1992 (70 tahun setelah penulis kematian, atau 50 tahun setelah-off date potongan 1942), menurut hukum hak cipta Swiss . Mereka juga dalam domain publik di bawah hukum hak cipta AmerikaSerikat: semua karya yang diterbitkan sebelum 1923 dianggap dalam domain publik.
Kartu
tanggapan Populer
Komentar
Rorschach blot 01.jpg
Beck:
kelelawar, kupu-kupu, ngengat
Piotrowski:
kelelawar (53%), kupu-kupu (29%)
Dana (Perancis):
kupu-kupu (39%)
Ketika melihat kartu saya, subjek sering menanyakan tentang bagaimana mereka harus melanjutkan, dan pertanyaan tentang apa yang mereka diizinkan untuk melakukan dengan kartu (misalnya memutarnya) tidak terlalu signifikan. Menjadi kartu pertama, dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana mengatasi subyek tugas baru dan menegangkan.Ini bukan, bagaimanapun, kartu yang biasanya sulit untuk subjek untuk menangani, setelah siap tanggapan populer yang tersedia.
Rorschach blot 02.jpg
Beck:
dua manusia
Piotrowski:
binatang berkaki empat (34%, bagian abu-abu)
Dana (Perancis):
binatang: anjing, gajah, beruang (50%, abu-abu)
Rincian kartu merah II sering dianggap sebagai darah, dan merupakan fitur yang paling khas. Tanggapan untuk mereka dapat memberikan indikasi tentang bagaimana subjek cenderung mengelola perasaan marah atau kerusakan fisik. Kartu ini dapat menimbulkan berbagai tanggapan seksual.
Rorschach blot 03.jpg
Beck:
dua manusia (grey)
Piotrowski:
angka manusia (72%, abu-abu)
Dana (Perancis):
manusia (76%, abu-abu)
Kartu III biasanya dianggap mengandung dua manusia terlibat dalam interaksi tertentu, dan dapat memberikan informasi tentang bagaimana subyek berhubungan dengan orang lain (secara khusus, latency berjuang tanggapan dapat mengungkapkan interaksi sosial).
Rorschach blot 04.jpg
Beck:
kulit binatang, kulit, karpet
Piotrowski:
binatang kulit, karpet kulit (41%)
Dana (Perancis):
kulit binatang (46%)
Kartu IV adalah penting untuk warna gelap dan naungan yang (berpose kesulitan untuk mata pelajaran depresi), dan umumnya dianggap sebagai dan kadang-kadang mengancam tokoh besar, diperparah dengan kesan umum subjek berada di posisi inferior ("melihat ke atas") untuk itu, ini berfungsi untuk menimbulkan rasa otoritas. Isi manusia atau hewan dilihat dalam kartu hampir selalu diklasifikasikan sebagai laki-laki daripada perempuan, dan kualitas yang dinyatakan oleh subjek dapat menunjukkan sikap terhadap laki-laki dan otoritas.
Rorschach blot 05.jpg
Beck:
kelelawar, kupu-kupu, ngengat
Piotrowski:
kupu-kupu (48%), kelelawar (40%)
Dana (Perancis):
kupu-kupu (48%), kelelawar (46%)
Kartu V adalah kartu diuraikan dengan mudah yang biasanya tidak dianggap sebagai ancaman, dan biasanya instigates perubahan "kecepatan" dalam ujian, setelah kartu lebih menantang sebelumnya. Mengandung beberapa fitur yang menimbulkan keprihatinan atau mempersulit elaborasi, itu adalah aib paling mudah untuk menghasilkan respon yang berkualitas baik tentang.
Rorschach blot 06.jpg
Beck:
kulit binatang, kulit, karpet
Piotrowski:
binatang kulit, karpet kulit (41%)
Dana (Perancis):
kulit binatang (46%)
Tekstur adalah karakteristik dominan kartu VI, yang sering memunculkan asosiasi terkait dengan kedekatan interpersonal; itu secara khusus sebuah "kartu seks", mungkin persepsi seksual yang dilaporkan lebih sering daripada di kartu lain, meskipun kartu lainnya memiliki berbagai yang lebih besar sering terlihat isi seksual.
Rorschach blot 07.jpg
Beck:
manusia kepala atau wajah (atas)
Piotrowski:
kepala perempuan atau anak-anak (27%, atas)
Dana (Perancis):
kepala manusia (46%, atas)
Kartu VII dapat dikaitkan dengan kewanitaan (tokoh-tokoh manusia biasa melihat di dalamnya digambarkan sebagai wanita atau anak-anak), dan fungsi sebagai kartu ibu "", di mana kesulitan dalam menanggapi mungkin terkait dengan kekhawatiran dengan tokoh-tokoh perempuan dalam subjek kehidupan. Rincian pusat relatif sering (walaupun tidak populer) yang diidentifikasi sebagai vagina, yang membuat kartu ini juga berhubungan dengan seksualitas feminin pada khususnya.
Rorschach blot 08.jpg
Beck:
hewan: tidak kucing atau anjing (pink)
Piotrowski:
binatang berkaki empat (94%, merah muda)
Dana (Perancis):
binatang berkaki empat (93%, merah muda)
Orang sering mengungkapkan bantuan tentang kartu VIII, yang memungkinkan mereka rileks dan merespons secara efektif. V Mirip dengan kartu, itu merupakan perubahan "kecepatan", namun kartu tersebut memperkenalkan kesulitan elaborasi baru, yang kompleks dan multi-kartu berwarna pertama di set. Oleh karena itu, orang yang menemukan proses situasi yang kompleks atau rangsangan emosional menyedihkan atau sulit mungkin tidak nyaman dengan kartu ini.
Rorschach blot 09.jpg
Beck:
manusia (oranye)
Piotrowski:
tidak ada
Dana (Perancis):
tidak ada
Karakteristik kartu IX adalah bentuk tidak jelas dan menyebar, fitur berwarna terdengar, membuat ketidakjelasan umum.Hanya ada satu respon yang populer, dan itu adalah yang paling sering dari semua kartu. Memiliki kesulitan dengan proses kartu ini dapat menunjukkan masalah yang berhubungan dengan data yang tidak terstruktur, tapi selain ini ada beberapa khusus "menarik" khas dari kartu ini.
Rorschach blot 10.jpg
Beck:
kepiting, lobster, laba-laba (biru)
Piotrowski:
kepiting, laba-laba (37%, biru),
kelinci kepala (31%, hijau muda),
ulat, cacing, ular (28%, hijau tua)
Dana (Perancis):
tidak ada
Kartu X secara struktural mirip dengan kartu VIII, namun ketidakpastian dan kompleksitas yang mengingatkan kartu IX: orang-orang yang sulit menangani rangsangan bersamaan banyak yang tidak mungkin terutama seperti ini menyenangkan kartu sebaliknya. Karena kartu terakhir, mungkin memberikan kesempatan bagi subjek untuk "sign out" dengan menunjukkan apa yang mereka rasakan situasi mereka adalah seperti, atau apa yang mereka keinginan untuk mengetahui.



Daftar Pustaka
Anonim.Rorschach test.http://en.wikipedia.org/wiki/Rorschach_test.18-Maret-2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar