Selasa, 23 November 2010

Nistagmus

Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba - tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga. Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.
Tes pendengaran seringkali bisa menentukan adanya kelainan telinga yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran. Selain itu kita bisa secara pribadi mengadakan terapi rehabilitasi vestibular merupakan terapi fisik untuk menyembuhkan vertigo, Tujuan terapi ini adalah untuk mengurangi pusing, meningkatkan keseimbangan dan mencegah seorang jatuh dengan mengembalikan fungsi sistem vestibular. Pasien melakukan latihan agar otak dapat menyesuaikan dan menggantikan penyebab vertigo. Keberhasilan terapi ini tergantung pada beberapa faktor pasien yang  meliputi usia, fungsi kognitif (memori, kemampuan mengikuti petunjuk, kemampuan koordinasi dan gerak, dan kesehatan pasien secara keseluruhan (termasuk sistem saraf pusat) serta kekuatan fisik. Pasien yang datang ke dokter akan menjalani beberapa latihan yang akan melatih keseimbangan dalam tingkat yang lebih tinggi, meliputi gerakan kepala, gerakan mata dan berjalan. Kita bisa melakukannya dengan bantuan orang lain tapi harus hati - hati dan tidak boleh gegabah, berikut ini caranya :
·         Pertama - tama duduk dalam keadaan tegak dan lemas.
·         Tidurlah dengan bantuan orang ke dua untuk menidurkan anda pelan - pelan (badan ditidurkan ke belakang)
·         Diharap kepala berada di bawah tempat tidur dengan bantuan orang ke dua untuk memegang (putar pelan - pelan ke kanan dan putar pelan - pelan ke kiri)
·         Badan diputar ke kiri dan ke kanan pelan - pelan (diharap dengan bantuan orang lain untuk menyangga kepala)
·         Berdirilah pelan - pelan ke depan (diharapkan dengan bantuan orang lain untuk membangunkan)
Note : Nistagmus adalah sesuatu gejala yang timbul akibat keseimbangan dalam telinga bagian dalam tergangu sehingga menyebabkan pandangan berkunang-kunang, kepala menjadi pusing.
Jika anda melihat seeorang  yang matanya bergerak-gerak cepat, dia mungkin bermaksud tidak baik. Mungkin itu juga tanda niatagmus, sebuah kondisi yang melibatkan pergerakan mata di luar kemauan yang menyentak yang bisanya terjadi pada ke dua mata. Nistagmus dapat menyebabkan salah satu atau kedua mata bergerak bolak-balik atas bawah atau bahkan berputar-putar. Pergerakan mata tersebut mungkin terjadi secara terus menerus atau secara berkala dan berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam. Kecuali kondisi itu mempengaruhi pengelihatan mereka atau ada orang lain yang mem-beritahukannya. Orang - orang dengan nistagmus mungkin tidak sadar mereka mengalami kondisi ini. Nistagmus mungkin salah satu penyakit Graves dan juga ada ganguan telinga bagian dalam seperti penyakit meniere.



Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar